AliaGo Beribadah dan Berwisata Islam di Eropa, Mengapa Tidak? - AliaGo

Beribadah dan Berwisata Islam di Eropa, Mengapa Tidak?

          Eropa merupakan salah satu benua yang memiliki daya tarik yang sangat spesial bagi dunia. Tidak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang demi berkunjung dan berwisata di salah satu negara yang terdapat di benua Eropa ini. Benua Eropa yang terdiri dari negara-negara yang memiliki keindahan tempat-tempat wisata, keanekaragaman kuliner, serta tempat-tempat bersejarah asal muasal negara merupakan daya tarik tersendiri bagi negara-negara tersebut. Tidak hanya keindahan duniawi saja yang dimiliki oleh negara-negara di Eropa, sejarah islam pun banyak yang berkembang di negara-negara Eropa yang sangat menarik jika kita bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah islam tersebut. Tidak perlu khawatir jika kita penasaran dan ingin berkunjung ke tempat bersejarah islam yang ada di benua Eropa, karena saat ini banyak penawaran umroh plus yang dapat mengantarkan kita untuk beribadah sekaligus berwisata ke tempat-tempat bersejarah islam yang terdapat di negara lain. Umroh merupakan suatu kegiatan untuk berkunjung ke kota Mekkah, khususnya ke Baitullah di luar musim haji. Sebenarnya program umroh plus mengandung arti yang sama dengan umroh, namun umrah plus memiliki cakupan lebih luas. Plus disini dimaksudkan selain kita melaksanakan ibadah di tanah suci, kita juga berkesempatan untuk berwisata. Wisata ini bukanlah sekedar wisata biasa, namun wisata ke beberapa tempat bersejarah islam di dunia.

          Dewasa ini banyak yang memilih untuk melaksanakan umroh sekaligus berwisata islam di negara-negara benua Eropa. Pada umumnya apabila kita melaksanakan umroh plus dan memilih obyek wisata islam di negara-negara benua Eropa, kita dapat beribadah sekaligus mengunjungi tempat bersejarah islam seperti Masjid Quba, Jabal Rahmah Burj Khalifah, Masjid Koln, Mount Titlis, Canal Cruise, Eiffel Tower, Le Grande Mosque de Paris, Galerrie Laffayete, serta Louvre Museum. Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah di Madinah. Banyak sekali keistimewaan apabila kita mengunjungi masjid ini, diantaranya adalah pahala salatnya yang setara dengan melaksanakan umrah di Masjidil Haram. Selain Masjid Quba, kita juga tentunya akan mengunjungi Jabal Rahmah yang memiliki sejarah islam yang sangat menarik karena tempat ini adalah tempat yang menjadi pertemuan Adam dan Hawa. Jabal Rahmah adalah tempat yang menyeruapai bukit. Jabal Rahmah memiliki tinggi 70 meter dan bisa didaki dengan melewati anak tangga. Biasanya untuk mendaki Jabal Rahmah dari dasar hingga mencapai tugu Adam dan Hawa hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja. Di dekat monumen ini banyak yang berdoa dan juga berfoto-foto. Terdapat juga pemandangan Padang Arafah yang bisa dilihat jelas dari atas Jabal Rahmah yang sungguh mempesona. Pemandangan-pemandangan cantik yang dapat kita saksikan di Jabal Rahmah ini adalah pemandangan saksi bisu pertemuan kembali Adam dan Hawa di bumi.

          Selain itu seperti yang kita ketahui, bahwa Kota Koln di Jerman terkenal dengan bangunan kuno khas yang selalu memikat wisatawan. Tetapi ternyata, disana juga terdapat masjid dengan arsitektur unik yang bernama Cologne Central Mosque atau biasa disebut dengan Masid Koln. Masjid Koln adalah masjid terbesar di Jerman yang dibangun dari dana Diyanet İşleri Türk İslam Birliği (DITIB) yaitu sebuah organisasi Islam di Jerman dibawah kendali Kementrian Urusan Agama Pemerintah Turki. Masjid indah ini dirancang dengan gaya arsitektur Ottoman dilengkapi dinding kaca serta dua menara dan kubah. Selain itu, terdapat juga tempat wisata islam di Perancis yaitu Grande Mosquée de Paris atau dalam bahasa Indonesia adalah Masjid Agung Paris yang merupakan masjid pertama dan terbesar yang dibangun di Prancis sekaligus menjadi masjid terbesar ke tiga di Eropa. Masjid Agung Paris didirikan setelah berakhirnya Perang Dunia pertama sebagai tanda terima kasih Prancis kepada komunitas Muslim di sana yang ikut melawan pasukan Jerman dalam sebuah pertempuran yang berlangsung di daerah perbukitan utara kota Verdun-sur-Meuse di wilayah bagian utara-timur Perancis pada tahun 1916 ketika perang dunia pertama. Keindahan Masjid Raya Paris ini memperlihatkan keagungan sebuah bangunan Islam yang ditunjukkan melalui desain arsitektur dan mozaik-mozaiknya. Bangunan Masjid Raya Paris ini memperlihatkan aspek klasik dan perkembangan peradaban seni Islam serta bentuk ajaran yang sangat toleran dari agama dan budaya Islam.

          Itulah ulasan singkat mengenai wisata-wisata Islam di benua Eropa yang dapat kita kunjungi ketika mengikuti program ibadah umroh plus. Ulasan ini hanya ulasan singkat mengenai tempat bersejarah Islam di Eropa, masih banyak wisata islam lain di Eropa yang dapat dikunjungi sekaligus dapat kita pelajari sejarah islamnya. Selain melaksanakan umroh untuk menambah ketaqwaan kepada Allah SWT, mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam di Eropa juga akan menambah wawasan kita terhadap perkembangan dan sejarah agama Islam di dunia.

Komentar

komentar

  1. populra resmål 2017 Reply

    Good post. I be taught one thing more difficult on completely
    different sites everyday. It can aat all times be stimulating to learn content material from other writers and practice a
    bit oone thing from their store. I prefer to make
    use of some with the content material on my
    website whether or not you dont mind. Natually
    I provide you with a link on your net website. Thanks for sharing.

  2. Renaldo Reply

    What?s Going down im new to this, I stumbled upon this I have discovered It positively useful and it has aided
    me out loads. Im hoping to give a contribution & aid different
    users like its helped me. good job.

Leave a Reply

*