AliaGo MUSEUM YANG PERNAH MENJADI GEREJA DAN MASJID

MUSEUM YANG PERNAH MENJADI GEREJA DAN MASJID DI ISTANBUL

Istanbul tidak pernah kehabisan kisah. Ada banyak sejarah yang telah terjadi di sana. Jika sahabat berkunjung ke Turki maka kita akan berkunjung ke Hagia Sophia, dipastikan kamu akan terpana melihat pesona Museum yang telah menjadi bagian dari salah satu sejarah kejayaan Islam. Bangunan ini pun pernah dijadikan tempat shoting ’99 Cahaya di Langit Eropa’ sebuah film karya anak bangsa Indonesia.

Salah satu kota metropolitan terbesar di dunia ini terus mencetak sejarah dengan berbagai kejadian-kejadian penting di dalamnya. Salah satu bangunan dengan sejarah panjang di Istanbul, Turki adalah Hagia Sophia. Setelah sempat menjadi gereja dan masjid, Hagia Sophia kini menjadi museum. Sampai sekarang, Hagia Sophia jadi salah satu objek wisata terkenal di Istanbul. Lokasinya berseberangan dengan Masjid Sultan Ahmed alias Blue Mosque.

Jadi pada tahun 1935 ketika Turki menjadi Republik, presiden pertamanya Mustafa Kemal Ataturk, memerintahkan untuk mengubah Hagia Sophia menjadi sebuah museum. Mulailah pembongkaran Hagia Sophia, dengan menampakkan kembali simbol lukisan-lukisan sakral kekristenan, seperti yang dapat kita lihat saat ini. Dimana ada dua simbol agama Islam dan Kristen dalam bangunan ini. Mengingat usianya, kekayaan sejarahnya dan juga keindahan arsitekturnya, pada tahun 1985, ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage Site.

Nah sudah tak heran lagi kan kalau Hagia Sophia banyak sekali dikunjungi wisatawan muslim maupun non muslim dari berbagai Negara. Dengan museum ini menunjukkan adanya rasa tolereansi antarsesama di Istanbul, Turki. Yuk, sekarang giliran mu untuk traveling! Kamu bisa ikuti Program Wisata Halal Muslim Beyond in Turkey atau Umrah Plus Turkey bersama AliaGo.

Info dan pendaftaran hubungi,

 

Komentar

komentar

About the Author

Leave a Reply

*