AliaGo Mengenal Mevlana Mausoleum Konya di Kota Konya Turki

Mengenal Mevlana Mausoleum Konya

Negara-negara di kawasan Timur Tengah kini telah menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan Indonesia dan juga dunia. Dan Turki menjadi salah satu negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia karena daya tarik wisatanya yang luar biasa. Di wilayah Turki bagian Asia, tepatnya di pusat Anatolia terdapat sebuah kota yang dinamakan Kota Konya Turki. Dalam sejarah Romawi kota tersebut telah dikenal sebagai kota Internasional pada abad ke-2 masehi. Di kota kecil tersebut memiliki tempat dan bangunan bersejarah yang bernama Mevlana Mausoleum atau Museum Mevlana. Museum ini merupakan tempat pujangga Turki bernama Jalaluddin Rumi.

Mengenal Mevlana Mausoleum Konya

kisah dan catatan sejarah Jalaluddin Rumi di Kota Konya Turki

Museum Mevlana berada di tengah Kota Konya Turki, yang dulu merupakan pusat Kesultanan Seljuk. Untuk masuk ke Museum ini, tidak dipungut biaya apapun. Museum ini menyimpan semua kisah dan catatan sejarah tentang Maulana Jalaluddin Rumi, yang di Turki lebih terkenal  dengan sebutan Mevlana. Museum berisi benda-benda yang digunakan para murid Mevlana untuk berproses menjadi Sufi; dilengkapi juga dengan patung dan situasi belajar tatkala itu serta terdapat makan Pujangga Jalaluddin yang masih sangat terawat. Sang Pujangga Jalaluddin Rumi adalah seorang Sufi yang mengharumkan kota Konya di Turki sampai ke pelosok belahan dunia, setiap tahunnya kota ini tak kunjung sepi oleh para wisatawan juga peziarah.

Sufi merupakan sebuah tarian yang disebarluaskan oleh Sang Pujangga dan kebanyakan orang sudah taka sing lagi dengan tarian Sufi ini. Aliran Sufi tidak jauh dengan tarian khasnya yang disebut tarian Samaa atau Whirling Dervishes. Tarian yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia, bergerak berputar-putar berlawanan dengan arah jarum jam sambil melafalkan kalimatullah agar maksudnya untuk menggapai kesempurnaan dalam setiap doa dari apa yang dilafalkan dalam hati juga pikiran.

Mengenal Mevlana Mausoleum Konya

Dengan berkunjung ke Museum Mevlana, para wisatawan tidak hanya melihat-melihat saja, namun para wisatawan mendapatkan ilmu sejarah yang sebelumnya diketahui lebih dalam. Termasuk sejarah tentang asal-usul Tarian Sufi.

Selain mengunjungi Museum Mevlana, para wisatawan biasanya menikmati keindahan sekitar halaman Museum Mevlana yang banyak sekali bunga-bunga tumbuh pada saat peralihan musim. Banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu disana dengan mengabadikan moment liburannya.

Di halaman Museum Mevlana terdapat pepohonan yang bunganya menyerupai Bunga Sakura. Seakan para wisatawan merasa berada di Jepang, meskipun sebenarnya mereka sedang berada di Turki. Dan sampai saat ini Museum Mevlana masih sangat terawat dan juga terbuka untuk umum yang ingin berziarah.

Jadi tak perlu ragu lagi kan untuk berlibur ke Turki ? Masih banyak sekali destinasi-destinasi yang wajib dikunjungi. Kami tunggu pendaftarannya ya di www.aliago.travel

Komentar

komentar

About the Author

Leave a Reply

*